ALIBABA GROUP
Hallo gaesssss kali ini aku mau ngasih info
tentang Alibaba group nih
Siapa sih yang ga kenal Alibaba Group. Alibaba merupakan perusahaan Internet terbesar di China. Alibaba Group ini di dirikan oleh Jack Ma. Tau ga , Jack Ma itu orang terkaya di China dan orang ke dua terkaya di Asia menurut Bloomberg Billionaires Index, namun siapa sangka dulu Jack Ma hanyalah guru miskin di China.
Yuks kupas lebih lanjut tentang Alibaba group….
Alibaba Group adalah perusahaan e-commerce
B2B (Business to Business) karena perusahaan ini menghubungkan berbagai jenis
usaha kecil dan menengah. Pemiliknya yaitu Jack Ma, ia berasal dari Hangzhou (sebuah kota di China dengan
2.4 juta penduduk). Kota ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan
pertaniannya yang subur. Jack Ma lahir pada tahun 1964 dan orang tuanya bekerja
sebagai pingtan performer. Jack Ma kecil sering berkelahi dengan temannya
karena dia sering di ejek soal ukuran tubuhnya.
Pada usia 12 tahun Jack Ma belajar bahasa Inggris sendiri. Selama 8 tahun ia naik sepeda selama 40 menit ke sebuah hotel di dekat distrik west lake hangzhou, agar bisa bertemu turis asing dan belajar bahasa inggris pada turis tersebut.
Pada usia 12 tahun Jack Ma belajar bahasa Inggris sendiri. Selama 8 tahun ia naik sepeda selama 40 menit ke sebuah hotel di dekat distrik west lake hangzhou, agar bisa bertemu turis asing dan belajar bahasa inggris pada turis tersebut.
Pada tahun 1995 Jack Ma pergi ke Amerika,
untuk bekerja sebagai penerjemah, pada kunjungan pertamanya ke Amerika. Teman
Jack Ma memperkenalkannya dengan dunia Internet. Temannya berkata bahwa intenet
bisa menemukan informasi apapun, namun ketika Jack Ma menelusuri kata China di
Internet dia tidak menemukan informasi apapun.
Saat kembali ke China Jack Ma memutuskan
untuk membuat direktori bisnis online yaitu China Pages, namun China Pages
tidak semulus yang di bayangkan, dan akhirnya pada tahun 1999 Jack Ma
mengumpulkan 18 orang di apartemennya di Hangzhou untuk menyampaikan visinya
untuk mendirikan e-commerce yang bernama Alibaba.
Jack Ma menamakan E-commercenya Alibaba
bukan tanpa alasan, suatu hari ketika Jack Ma berada di kedai kopi yang berada
di San Fransisco dan di situlah dia menemukan ide nama Alibaba. Ia berkata ke
peramusaji kedai kopi tersebut, "apakah kamu tahu tentang Alibaba?"
dan pramusaji itu menjawab "Ya" Jack Ma kembali bertanya "apa
yang kamu ketahi tentang Alibaba?" pramusaji itu pun menjawab
"Alibaba dan 40 pencuri" dari situlah Jack Ma mengambil nama Alibaba
dan Jack Ma bertanya pada semua orang di kedai kopi itu, dan semunya tahu
tentang Alibaba. Jack Ma mengambil nama Alibaba karena nama itu banyak di
ketahui orang, karena Alibaba merupakan salah satu tokoh dari dongeng, jadi
semua orang tau tentang Alibaba, seperti yang kita tahu alibaba adalah tokoh
yang mencerminkan seorang entrepreneur yang baik hati, cerdas, dan suka
membantu orang yang tidak mampu.
Belakangan ini ranah bisnis dan teknologi
diramaikan dengan IPO (Initial Public Offering) atau penjualan saham ke public.
Alibaba merupakan IPO terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Nilai IPO yang
diperkirakan mencapai USD 25 miliar (sekitar Rp 300,1 triliun) ini bahkan
mengalahkan IPO Facebook pada tahun 2012 silam, yang sebesar USD 16 miliar
(sekitar Rp 192,1 triliun).
Kelebihan dari Alibaba:
1. Situs Alibaba ini tergabung dalam tiga grup
(Inggris, China, Jepang) dengan basis pelanggan yang cukup luas untuk
meningkatkan jumlah informasi.
2. Informasi pada situs Alibaba semakin lebih
menyeluruh.
3. Jumlah anggota yang sangat besar, sehingga
meningkatkan visibilitas, membangun merek mencakup inforasi Alibaba yang
berkembang, dan menarik minat bisnis.
4. Memberikan jaminan bertransaksi online yang
aman.
Kelemahan dari Alibaba Group:
1. Kelemahan utamanya adalah perusahaan ini
memiliki tingkat teknologi yang lebih rendah. Bisnis lain di pasar yang sama
memiliki situs e-commerce yang lebih kompleks dan menarik, dan ini merupakan
kerugian bagi perusahaan.
2. Dari segi keanggotaan, Alibaba mempunyai
member yang beragam, terjadi sebuah gesekan internal yang sangat serius antara
efek dari pelanggan positif dan pelanggan negatif.
3. Belum memaksimalkan upaya yang bisa
dilakukan untuk mengembangkan merek dengan meningatkan upaya periklanan dan
memasuki pasar yang belum tersentuh.
Komentar
Posting Komentar